Selasa, 19 April 2011

GAMBARAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG MANFAAT BUKU KESEATAN IBU DAN ANAK (KIA) DI DESA BALUN KECAMATAN TURI KABUPATEN


Abstrak


Seorang ibu yang sedang mengandung, banyak masalah yang muncul selama kehamilannya dan perlu diadakan pengawasan secara teratur. Pengawasan ibu hamil ini untuk mengurangi angka kesakitan dan kematian pada ibu dan bayi. Hasil survey awal yang dilakukan pada 10 orang ibu hamil di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan yang memeriksakan kehamilannya, 6,00% atau 6 orang ibu hamil yang tidak membawa buku KIA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu hamil tentang manfaat buku KIA di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten .

Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil di Desa Balun sejumlah 35 ibu hamil, sampel yang diambil sejumlah 32 ibu hamil di Desa Balun pada bulan Mei Tahun 2010. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan kuesioner tertutup. Pengolahan data dengan editing, koding, skoring, tabulasi, prosentasi dan disajikan dalam bentuk narasi.

Hasil penelitian didapatkan sebagian besar responden atau 56,25% ibu hamil mempunyai pengetahuan cukup tentang manfaat buku KIA.

Rujukan dari hasil penelitian ini adalah tenaga kesehatan terutama perawat yang memberikan pelayanan KIA hendaknya terus memberikan informasi dan pendidikan kesehatan tentang manfaat buku KIA dan pentingnya membawa buku KIA baik saat memeriksakan kehamilan, melalui kegiatan warga misalnya PKK, Posyandu atau saat ibu berkunjung ke klinik.


Kata kunci : Pengetahuan ibu hamil, Manfaat buku KIA.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar