Selasa, 19 April 2011

GAMBARAN PENGETAHUAN PENDERITA DIABETES MILITUS

TENTANG KOMPLIKASI GANGREN DI URJ BEDAH

RSUD Dr. S


ABSTRAK


Diabetes militus dikenal sebagai suatu penyakit dimana kadar glukosa (gula sederhana) di dalam darah mempunyai kadar yang tinggi karena tubuh tidak dapat melepaskan atau menggunakan insulin secara utuh, gangren sendiri terjadi Oleh karena Angiopati, Neuropati perifir, Sumbatan pembuluh darah Nutrisi, Oksigen, obat-obatan tidak sampai ke perifer kebutuhan AB dosis meningkat, dan obat anti pembekuan darah. Di URJ Bedah RSUD Dr. So. Pada Januari 2010 dari 99 pengunjung, terdapat 27 (16%) pasien diabetes militus terkena komplikasi gangren Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi gambaran pengetahuan penderita diabetes militus tentang komplikasi gangren di URJ Bedah RSUD Dr. Soegiri Lamongan.

Desain penilitian menggunakan desain diskriptif, Populasi adalah semua penderita diabetes militus yang di URJ Bedah Dr. Soegiri Lamongan sebesar 25 responden, mulai bulan April sampai dengan Mei 2010 dengan besar sampel 25 orang. Tehnik sampling menggunakan tehnik Total sampling dan Variabel yang digunakan adalah variabel tunggal, Sub variabel: Pengertian, klasifikasi, pencegahan, perawatan dan diit, proses pengumpulan data yaitu menggunakan lembar kuesioner, dengan menggunakan uji proporsi kemudian data di kumpulkan Pengolahan data dan analisa data, editing, coding, tabulating, scoring. Setelah itu di persentase kemudian di narasi.

Dari hasil penelitian didapatkan bahwa hampir seluruhnya penderita diabetes militus mempunyai pengetahuan cukup tentang komplikasi gangren yaitu 20 pasien (84,0%).

Rujukan dari peilitian ini untuk meningkatkan dalam upaya yang dapat dilakukan dengan cara penyuluhan dan pamflet dimana masing-masing tenaga kesehatan mempunyai peranan yang saling menunjang dalam memberikan penyuluhan pada penderita diabetes militus tentang petunjuk pencegahan kaki diabetik atau gangren.


Kata Kunci : Diabetes Militus, Gangren

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar